Header Ads

Kerap Terjadi Kecelakaan, Jalan Tol Cipularang Dinilai Perlu Uji Kelayakan



Anggota Komisi V DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Fary Djemi Francis menyoroti kecelakaan berturut-turut di Jalan Tol Cipularang yang terjadi pada Senin (2/8). Fary meminta Kementerian Perhubungan untuk menyelidiki serta menguji kelayakan kendaraan dan kondisi jalan bebas hambatan yang menghubungkan Jakarta dan Bandung.

"Kami meminta Kementerian Perhubungan untuk mengecek atau mengawasi terkait kelayakan transportasi darat, terutama bus, kami selalu ingatkan tetapi ini hanya insiden yang berkaitan dengan kerusakan rem, kami minta diselidiki apakah truk itu layak," kata Fary di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/8).

Kemudian Fary juga meminta peninjauan menyeluruh tentang kelayakan jalan tol Cipularang. Terutama di jalan yang sering macet. Dia menyoroti jalan di KM 90 hingga 110.

"Kami telah memberi tahu menteri bahwa kecelakaan sering berulang, oke, kami meminta audit serius, terutama terkait kelayakan jalan dan geometri," kata Fary.

"Karena insiden berulang itu di km 90 hingga 110, ada apa? Atau apakah Anda tahu bahwa ada tanda-tanda khusus di daerah itu," tambahnya.

Mengenai kesesuaian kondisi jalan, Fary juga meminta Jasa Marga diaudit. "Tentu saja layanan klan, itu adalah area layanan klan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, serangkaian kecelakaan terjadi di Jalan Tol Cipularang, Senin (2/8) kemarin di KM 92 Purbaleunyi menuju Tol Cikampek. Kecelakaan tol Cipularang menewaskan delapan orang. Sementara 28 orang terluka.

Tidak ada komentar