Header Ads

Viral Lubang Raksasa di Maros Sulsel, Team Survey Analisis Geolog Unhas Turun Tangan

JAKARTA - Kerentanan mendadak di Desa Lebbo Tengae di Maros, Sulawesi Selatan, dibahas pada Senin (23/12/2019). Lubang itu, yang semula berdiameter 2 meter, kini mengembang. Dari pemantauan wartawan, Selasa (24/12/2019), diameternya adalah 20 meter.

Bukaan dengan kedalaman sekitar 50 meter terus berkembang karena tanah berangsur-angsur terkikis di tepi lubang. Awalnya, lubang ini mirip dengan sumur normal dengan rongga. Namun, karena kesenjangannya lebih besar, polisi mendesak masyarakat untuk tidak mendekati lokasi 150 meter.

Menurut penghuni kawasan itu, penampakan lubang di area persawahan ini disertai dengan suara gemuruh dan asap yang mengepul dari lokasi tersebut. Sementara itu tim geologi dari Universitas Hasanuddin (Unhas)  tidak dapat memastikan penyebab fenomena alam.

Namun berdasarkan pengamatan awal, mereka mengeluhkan rongga besar di lubang seperti gua. Mereka juga mengimbau warga untuk tidak mengaitkan fenomena ini seperti yang terjadi di Palu, yang disebut pencairan.

Sebelum kejadian ini, dalam buku harian Deticom ada juga fenomena serupa di berbagai tempat di Indonesia dan dunia. Salah satunya terjadi di Sukabumi pada tahun 2018 sebelumnya. Juga, lubang misterius muncul di Sukabumi di sawah, sedalam 6 meter. Ini disebabkan oleh keberadaan sebuah gua di kawah yang menyebabkan permukaan bumi jatuh jauh ke bawah.

Selain itu, fenomena ini juga terjadi di wilayah Gunungkidul pada Februari 2018. Saat itu, dosen teknik geologi di Universitas Yogyakarta "Veteran" Pembangunan Nasional Yogyakarta, Arif Rianto Budi Nugroho mengatakan fenomena ini biasa terjadi di kawasan Karst.

Sekarang, jika fenomena ini ditunjukkan di luar jangkauan atau lubang jatuh. Sinkhole di negara-negara berikut akan menjadi tempat wisata.

Sementara itu, polisi terus memperluas zona keamanan dengan memasang garis polisi di area lubang sepanjang 10 meter. Memang, warga yang penasaran dicegah dari mendekati lokasi dalam radius 150 meter.

"Ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi kami memperluas garis polisi. Kami juga mencegah warga mendekati radius 150 meter. Kami siap untuk memperingatkan petugas di sini karena berbahaya bagi warga yang datang ke sini,"  kata Kapolsek Camba, AKP Haedar Muis

Sebelumnya, fenomena ini pertama kali ditemukan oleh warga setelah mendengar suara menderu disertai asap keluar dari lubang. Awalnya, lubang itu tampak seperti sumur biasa tetapi diperluas hingga terlihat seperti kolam raksasa.

Contact US:  +855964936778
Whatsapp: http://bit.ly/2KMyR19
LIVE CHAT : http://bit.ly/2Td76Co

Come Join US Di Situs POKERCIP Agen Poker Online Terbaik Dengan Tingkat Kemenangan 90%! Minimal Depo Dan Tarik Dana Rp 10.000-, menangkan JP (JackPot) puluhan juta bahkan sampai ratusan juta rupiah.

Tidak ada komentar