Header Ads

Hampir 10 Ribu Warga Diserang ISPA, Udara di Riau Mencapai Titik Level Tertinggi


Jakarta - Kualitas udara di Pekanbaru, Riau telah mencapai tingkat berbahaya. Data dari BMKG pada 13 September, tingkat polusi udara berdasarkan Indeks Standar Polusi Udara (ISPU) mencapai 353.

Akibatnya, warga berpotensi terkena ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). Dinas Kesehatan Riau mencatat peningkatan kunjungan ke fasilitas kesehatan dengan jumlah kasus ISPA 9.931 orang.

Untuk mengatasinya, Dinas Kesehatan setempat memerintahkan puskesmas dan rumah sakit untuk buka 24 jam. "Masyarakat yang terkena dampak karhutla harus merawat rumah sakit tanpa mengenakan biaya satu dolar pun," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Mimi Yuliani Nazir.

Buruknya kualitas udara di Riau dan sekitarnya disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan yang telah berlangsung selama beberapa hari berturut-turut. Penghuni yang ingin melakukan kegiatan di luar ruangan dianjurkan untuk memakai topeng dan memakai kacamata untuk menghindari iritasi mata.

"Jika kamu harus keluar dari kamar kamu harus memakai topeng. Dan untuk menghindari iritasi mata, pakai kacamata. Cegah iritasi kulit dari memakai baju lengan panjang," pungkas Mimi.

Tidak ada komentar