Header Ads

Kondisi di Papua Barat Mencekam, TNI Siaga


Jakarta - Kondisi di Manokwari, Papua Barat tegang. Pasukan TNI dalam siaga. Kepala Informasi untuk Kasuari Kodam XVIII Letnan Kolonel Andi Gus Wulandri mengatakan mereka telah menerima perintah untuk siaga dari Panglima TNI.

"Kami sedang siaga TNI. Kodam dalam keadaan siaga, panglima tertinggi," kata Andi ketika dihubungi Senin, 18 Agustus 2019.

Andi menduga kerusuhan ini adalah dampak kekerasan terhadap pelajar dari Papua di Malang dan Surabaya.

Sebelumnya pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019, ada penggerebekan di Asrama Pelajar Papua di Jalan Kalasan Nomor 10, Pacar Keling, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Penggerebekan dilakukan oleh TNI diikuti oleh pengepungan Satpol PP dan organisasi massa. Sebanyak 43 siswa dibawa ke Kantor Polisi Surabaya.

Serangan itu diduga dipicu oleh kesalahpahaman setelah Bendera Merah Putih Pemerintah Kota Surabaya jatuh di depan asrama. Sementara di Malang ada bentrokan polisi dengan mahasiswa dari Papua yang berdemonstrasi pada 15 Agustus 2019.

Situasi saat ini dipantau dari unggahan video pengguna Twitter, diketahui bahwa gedung DPRD terbakar di Papua Barat. Menurut informasi yang mereka taruh, gedung DPRD dibakar massa pagi ini. Andi juga membenarkannya. "Kabarnya begitu," katanya.

Tidak ada komentar