Header Ads

Gejala Serangan Jantung Ini Paling Mencolok tapi Sering Diabaikan


Jakarta - Banyak orang tidak menyadari masalah jantung sampai gejalanya jelas. Bahkan seorang anak muda tidak dapat dipisahkan dari masalah jantung.

"Serangan jantung biasanya terjadi pada wanita 10 tahun sebelum menopause. Namun, sekitar 30 ribu wanita di bawah usia 50 menderita penyakit jantung," kata ahli jantung Nieca Goldberg kepada Women's Health.

Menurut statistik terbaru tentang pusat-pusat pengendalian dan pencegahan penyakit di Amerika Serikat, penyakit jantung adalah penyebab kematian tertinggi pada wanita berusia di atas 35 tahun, atau satu kematian setiap empat orang. Menurut Goldberg, biasanya gejala penyakit tidak terdeteksi atau tidak diperhatikan pada awalnya, terutama di kalangan anak muda. Berikut adalah beberapa tanda yang harus diwaspadai karena mereka bisa menjadi gejala penyakit jantung.

Kaki #Swollen
Kaki atau pergelangan kaki yang bengkak bisa disebabkan oleh masalah pompa di jantung. Genangan atau edema cairan adalah gejala paling umum dari gagal jantung kongestif, ketika jantung tidak dapat memproses darah masuk dan keluar dengan detak jantung yang masuk akal.pokercip


#Pusing
Sakit kepala yang menyiksa juga bisa merupakan gejala stroke atau pembekuan darah. Jika Anda hanya pusing, mungkin itu bukan gejala penyakit jantung. Tetapi jika disertai dengan leher yang kaku dan lesu, itulah yang harus diwaspadai dan harus mendapatkan bantuan medis.

#Lelah
Ini adalah tanda yang paling sering diabaikan karena dianggap hanya kelelahan fisik biasa karena terlalu banyak aktivitas atau kurang tidur. Tetapi jika tubuh bugar tetapi merasa lelah luar biasa seolah-olah hanya menaiki tangga ke lantai 30, inilah yang harus mendapat perhatian karena bisa jadi jantung kesulitan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

# Keram perut
Banyak orang berpikir bahwa penyakit jantung ditandai oleh rasa sakit di dada atau lengan kiri. Mereka tidak menyadari bahwa rasa sakit dapat terjadi di bagian lain dari tubuh, termasuk di perut, karena jantung memberikan sinyal rasa sakit ke perut.Pokercip

# Pingsan
Terjadi akibat tekanan darah turun drastis dan penyebabnya bervariasi, termasuk berdiri terlalu cepat ketika saya bangun, dan juga bisa menjadi indikator penyakit yang lebih serius, seperti jantung yang tidak dapat memompa darah dengan baik, detak jantung yang terlalu cepat atau terlalu lambat, atau pembuluh darah robek.

#Sakit punggung
Ingat, penyakit jantung tidak hanya dirasakan di dada tetapi juga di punggung. Jika punggung Anda terasa berat seperti dikuasai gajah, itu adalah salah satu tanda serangan jantung.Pokercip

Tidak ada komentar