Header Ads

Tersedak Bisa Berujung Maut, Segera Lakukan Pertolongan Secepatnya



Saat tersedak benda asing, seseorang tidak hanya mengalami ketidaknyamanan, tetapi juga bisa membahayakan hidupnya. Karena itu, seseorang tidak dapat meremehkan masalah tersedak ini dan perlu mendapatkan bantuan yang tepat dan cepat.

Konsultan konsultan spesialis paru, Dicky Soehardiman mengatakan bahwa tersedak benda asing, seperti kacang, daging, buah, dan bakso dapat menyumbat saluran pernapasan.

"Saluran pernapasan dapat benar-benar tersumbat karena tersedak. Ini menyebabkan kematian jika tidak ada tindakan segera," jelas Dicky dalam siaran langsung Radio Streaming Departemen Kesehatan Indonesia.

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah teknik dorong perut. Teknik ini juga disebut manuver Heimlich, yang merupakan cara untuk menekan area solar plexus dengan kuat untuk menghilangkan penyumbatan benda asing.

"Tekniknya, kita berada di belakang korban yang tersedak, lalu sebuah tangan melingkari tubuh korban. Ya, kita memeluk korban dari belakang. Saat memeluknya, satu tangan kita mengepal, ibu jari menekan udel (pusar). Kami menekannya. Ini untuk menambah diafragma agar benda asing bisa keluar. Lakukan berkali-kali, "tambah Dicky.

Beberapa benda asing yang sering menyebabkan tersedak, yaitu jepit, mur, mainan anak-anak kecil. Namun, sebagian besar kasus, menurut Dicky, tersedak makanan.

Untuk mencegah tersedak dari makanan, Dicky menyarankan fokus saat makan, bukan saat melakukan kegiatan lain.

"Kami sebenarnya tidak dianjurkan makan sambil melakukan banyak tugas (melakukan kegiatan lain). Jika Anda makan di meja makan, berkonsentrasilah pada makan sambil tidak berbicara," tambah dokter yang berpraktik setiap hari di Rumah Sakit Persahabatan Jakarta.

Tidak ada komentar