Header Ads

Kabut Asap di Kalimantan Tengah, Puluhan Orang Utan Terinfeksi oleh ISPA


Palangka Raya - Lusinan orangutan yang sedang direhabilitasi di wilayah Yayasan Penyelamatan Orangutan Kalimantan (BOS) di Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah, menderita ISPA (infeksi saluran pernapasan akut). Orang utan telah terinfeksi oleh kabut asap dalam beberapa minggu terakhir.

Orangutan yang terinfeksi ISPA mulai dari orang dewasa hingga balita, yang berada di kandang atau bersekolah di hutan.

"Lokasi sekolah hutan memang tidak terlalu jauh dari hutan yang terbakar. Itu mungkin slah satu penyebab puluhan orangutan menglami ISPA,  kata salah seorang dokter Yayasan BOS, drh Viet, di Palangka Raya, yang dilaporkan dari Antara pada Selasa (17/9) / 2019),Bandar66

Mengenai orangutan dari hasil rehabilitasi yang telah dilepaskan di sejumlah hutan, Yayasan BOS belum menemukan atau menerima informasi apakah hewan-hewan itu terkena asap. Meski begitu, Yayasan BOS terus berupaya memantau hutan yang menjadi titik pelepasliaran orangutan.

Viet mengatakan bahwa dia sekarang lebih fokus pada pemantauan dan perawatan orangutan di pusat rehabilitasi. Jika ada yang terinfeksi, perawatan langsung dilakukan dengan memberikan beberapa bahan herbal dan suplemen vitamin dan lainnya.

"Kami memang membuat ramuan herbal kami sendiri dari bawang yang diberikan kepada orangutan yang terserang ISPA. Ada juga orangutan yang telah terserang ISPA, berhasil disembuhkan. Tetapi, karena kabut ini, kambuh lagi," kata Viet.

Tidak ada komentar