Header Ads

Badai 'Monster' Dorian Terjang Bahama, Kecepatan Angin Capai 295 Km/Jam


Nassau - Badai Dorian menghantam Bahama. Badai Atlantik ini disebut sebagai Pusat Topan Nasional terkuat kedua yang tercatat (National Hurricane Center atau NHC) Amerika Serikat (AS).

Dilaporkan oleh Reuters, Senin (2/9/2019), NHC mengatakan badai Dorian berada di kategori 5 yang berarti diprediksi akan menyebabkan kerusakan besar. Badai ini tiba di Elbow Cay di Kepulauan Abaco dengan kecepatan angin maksimum 185 mil / jam (295 km / jam). Kekuatan hembusan lebih dari 220 mil / jam (354 km / jam).

Badai ini telah mencapai Pulau Great Abco, dekat Marsh Harbour dan sekitar 280 mil (280 km) dari pantai Florida. Diperkirakan badai ini akan pindah ke Florida dalam dua hari ke depan.

"Di jalur ini, inti Badai Dorian yang sangat berbahaya akan terus menyerbu Great Abaco malam ini dan bergerak mendekati atau di atas Pulau Grand Bahama malam ini dan Senin," kata NHC pada pukul 17:00 waktu setempat (21:00 GMT).

"Badai akan bergerak sangat dekat dengan pantai timur Florida Senin malam hingga Selasa malam," tambahnya.

NHC mengatakan Dorian diperkirakan akan tetap menjadi badai selama lima hari ke depan.

Perdana Menteri Bahama Hubert Minnis mengatakan pada konferensi pers yang disiarkan secara nasional bahwa "badai mematikan dan badai monster" menghantam pulau-pulau itu. Rumah-rumah dibangun untuk menahan angin setidaknya 150 mil / jam (241 km / jam), tetapi gelombang badai 20 kaki (6 meter) lebih tinggi dari atap rata-rata.

"Ini akan menguji kita karena kita belum pernah menghadapi sebelumnya," kata Minnis.

"Ini mungkin hari paling menyedihkan dan terburuk dalam hidup saya untuk berbicara dengan Bahama. Saya hanya ingin mengatakan bahwa sebagai dokter saya telah dilatih untuk menahan banyak hal, tetapi tidak pernah seperti ini," tambahnya.

Dengan kecepatan angin 185 mil / jam (295 km / jam), Dorian menjadi topan Atlantik terkuat kedua yang dicatat berdasarkan angin berkelanjutan maksimum. NHC mencatat, badai Allen pada 1980 adalah yang paling kuat dengan kecepatan angin mencapai 190 mil / jam (306 km / jam)

Badai Dorian adalah topan terkuat yang pernah terjadi di Bahama barat laut. Badai ini terhubung dengan Gilbert (1988), Wilma (2005) dan badai Hari Buruh tahun 1935.

Tidak ada komentar