Header Ads

Jayapura Kondusif, Puing Sisa Kerusuhan Dibersihkan-Pertokoan Mulai Buka


Jakarta - Situasi di Jayapura, Papua, semakin membaik setelah kerusuhan yang terjadi di sana. Toko-toko yang telah tutup sekarang dibuka kembali, meskipun hanya sebagian.

"Untuk Jayapura dan Papua secara umum sudah kondusif. Kegiatan masyarakat di jalan sudah mulai kembali ke kegiatan. Semoga situasinya akan terus membaik. Sebagian besar sudah mulai terbuka walaupun ada satu atau dua yang ditutup," kata Polda Papua Komandan Komisaris Hubungan Masyarakat Mustafa Kamal saat dihubungi, Sabtu (31/8/2019).

Pembakaran dan kerusuhan di Jayapura membuat puing-puing berserakan di jalanan. Kamal mengatakan bahwa hari ini puing-puing dari pembakaran sudah mulai dibersihkan.

"Rekan-rekan kami, siswa SPN (Sekolah Polisi Negara) sedang membersihkan puing-puing kemarin. Itu sudah mulai dibersihkan," katanya.

Selain pembersihan, peralatan gabungan juga tetap fokus pada keamanan. Pasukan Brimob Nusantara yang didatangkan dari berbagai daerah telah tiba di Jayapura untuk membantu menjaga situasi.

"Keamanan kami telah diadakan baik dari Brimob Nusantara dan TNI. (Yang dari daerah) sudah di Jayapura, sehingga mereka akan diperbantukan untuk membersihkan," katanya.

Kerusuhan terjadi saat demonstrasi di sejumlah titik di Jayapura, Kamis (29/8). Demonstrasi di Jayapura menuntut proses hukum terhadap rasis di asrama mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur.

Pejabat dapat mengendalikan situasi sejak Jumat (30/8). Polisi juga merekam kerusakan pada fasilitas karena insiden itu.

"Situasi di Jayapura sudah dapat dikendalikan oleh aparat TNI-Polri dan beberapa properti yang rusak sedang dicatat," kata Kepala Biro Informasi Publik (Karo Penmas), Divisi Hubungan Masyarakat Kepolisian Nasional, Brigadir Dedi Prasetyo, kepada wartawan pada hari Jumat (30/8).

Tidak ada komentar